Selamat Datang di InginTauSaja ~ Tempat Untuk Mencari Tau

Review: Kroasia Masih Raja di Udara

InginTauSaja | 

Keywords : Review: Kroasia Masih Raja di Udara
Laga kedua Euro 2012 Grup C mempertemukan Republik Irlandia dengan Kroasia di Stadion Miejski, Poznan pada Senin (11/06). Meski banyak yang menyebut kedua tim tersebut sebagai penggembira di turnamen ini, pertandingan tetap berlangsung menarik.

Dua gol lewat kepala Mario Mandzukic membawa Kroasia benamkan Irlandia. Jelavic mencetak satu gol lain untuk Kroasia, sedangkan Irlandia hanya bisa membalas lewat gol Sean St Ledger.

Laga berlangsung dalam tempo tinggi sejak menit pertama dan Kroasia yang tampil penuh determinasi sudah unggul di menit ketiga. Darijo Srna menyisir lewat sayap kanan sebelum mengirim crossing yang berhasil ditanduk masuk oleh Mario Mandzukic.

Irlandia tak panik dengan gol cepat itu dan mulai menata kembali permainan mereka. Ketenangan Irlandia berbuah manis karena mereka mulai mampu mengimbangi tempo cepat yang diperagakan oleh Kroasia.

Irlandia bahkan berhasil membuat kedudukan menjadi imbang di menit ke 19. Berawal dari tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Kroasia, Aiden McGeady mengirim bola ke kotak penalti lawan. Sean St Ledger berhasil mengalahkan Vedran Corluka dalam duel udara dan mencetak gol dari jarak dekat.

Kroasia yang dimotori Luka Modric masih mendominasi penguasaan bola dengan passing-passing pendek yang diakhiri dengan umpan silang ke jantung pertahanan Irlandia. Untung bagi Irlandia, pertahanan mereka masih tampil penuh konsentrasi.

Terus-menerus digempur, pertahanan Irlandia akhirnya jebol juga. Kemelut di depan gawang Shay Given membuat bola mampir ke kaki Nikica Jelavic yang tak terkawal. Jelavic mecungkil bola melewati Given dan membawa Kroasia kembali unggul.

Skor 1-2 bertahan hingga babak pertama usai.

Deja vu terjadi di awal babak kedua. Mandzukic kembali membuat gol tiga menit setelah babak kedua dimulai. memanfaatkan umpan silang Ivan Perisic, Mandzukic kembali membuat gol lewat sundulannya.

Sundulan Mandzukic membentur tiang gawang sebelum mengenai kepala Given yang terjatuh. Bola masuk dan skor berubah menjadi 1-3 untuk Kroasia.

Gol ini semakin mengukuhkan Kroasia sebagai tim yang paling banyak mencetak gol lewat heading. Di fase kualifikasi, Kroasia mencetak 9 gol lewat sundulan, terbanyak di antara kontestan lain.

Kroasia mulai menurunkan tempo permainan dan berusaha menguasai ball possession setelah gol ketiga mereka. Sayang, transisi strategi ini berhasil dibaca oleh Irlandia yang mulai tampil lebih berani.

Giovanni Trapattoni melakukan dua pergantian pemain di menit ke 53 untuk mengejar defisit gol. Namun pertahanan Kroasia masih terlalu tangguh untuk ditembus barisan pemain Irlandia.

Umpan-umpan silang yang diperagakan Irlandia terbukti tidak efektif karena bek-bek Kroasia terbukti tangguh di udara. Selain itu, Stipe Pletikosa juga tidak melakukan kesalahan dalam menjaga gawangnya.

Kedua tim silih berganti mengancam gawang lawan, namun hingga pertandingan berakhir, skor tetap 1-3 untuk keunggulan Kroasia. Ini adalah hasil negatif pertama Irlandia setelah menjalani 14 pertandingan tanpa kekalahan.

Kemenangan mengantarkan Kroasia menjadi pimpinan sementara di Grup C Euro 2012, mengungguli Italia dan Spanyol yang di pertandingan sebelumnya berbagi satu angka. Irlandia, di sisi lain, harus bekerja keras melawan dua unggulan di sisa laga grup C.

Statistik Irlandia - Kroasia
Penguasaan bola: 45% - 55%
Shot (on goal): 12 (3) - 15 (5)
Corner: 1 - 7
Pelanggaran: 11 - 19
Offside: 2 - 1
Kartu kuning: 1 - 2
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 2 - 2

Susunan pemain Irlandia: Given; Dunne, St. Ledger, Ward, O'Shea; Whelan, Andrews, McGeady (Cox, 53'), Duff; Keane (Long, 75'), Doyle (Walters, 53').
Cadangan: Westwood, Forde; McShane, O'Dea, Kelly; Gibson, Hunt, Green, McLean; Walters, Long, Cox.

Susunan pemain Kroasia: Pletikosa; Schidenfeld, Corluka, Strinic, Srna; Vukojevic, Modric, Perisic (Eduardo, 88'), Rakitic (Dujmovic, 90'); Jelavic (kranjcar, 72'), Mandzukic.
Cadangan: Kelava, Subasic; Simunic, Buljat, Vida; Kanjcar, Pranjic, Dujmovic, Badelj, Vrsaljko; Eduardo, Kalinic.

Pencetak gol: Mandzukic (3'), St Ledger (19'), Jelavic (43'), Mandzukic (48')

Kartu kuning: Andrews (45') Modric (52'), Kranjcar (84')

Tweets
Comments
 
 
 

Dapatkan update terbaru kami, klik suka / like dibawah

Followers