Selamat Datang di InginTauSaja ~ Tempat Untuk Mencari Tau

Review: Pecahkan Sejarah, Inggris Singkirkan Swedia

Review: Pecahkan Sejarah, Inggris Singkirkan Swedia

InginTauSaja | Pecahkan sejarah, Inggris singkirkan Swedia dari Euro 2012.

Unggul 1-0 di babak pertama lewat sundulan Andy Carroll, Inggris dipaksa berjuang keras, bahkan tertinggal 1-2 di babak kedua sebelum kontribusi besar pemain pengganti, Theo Walcott, membuatThree Lions menang 3-2 dan menyingkirkan Swedia, lawan yang tak pernah bisa mereka kalahkan di turnamen resmi, dari pentas Euro 2012.

Untuk laga matchday 2 Grup D Euro 2012 ini, Sabtu (16/6), Inggris, yang baru meraup satu poin hasil imbang lawan Prancis di matchday pertama, mengandalkan duet Carroll dan Danny Welbeck di depan. Ashley Young, yang ditempatkan di depan saat melawan Prancis, digeser ke posisi aslinya, yaitu sayap.

Manajer Three Lions Roy Hodgson memilih Carroll karena dia membutuhkan pemain dengan kemampuan bola tinggi mumpuni untuk bertarung dengan Swedia yang memiliki keunggulan dalam hal postur dan power.

Sementara itu, striker Zlatan Ibrahimovic, yang absen dalam sesi latihan Kamis (14/6) akibat cedera ringan pada paha kirinya, sudah fit dan kembali menghunistarting eleven Swedia.

Swedia, yang dipastikan angkat koper dari Euro 2012 jika kalah di partai yang dipimpin oleh wasit Damir Skomina asal Slovenia ini, melakukan tiga perubahan pada komposisi pemainnya dari ketika ditekuk Ukraina di laga pembuka. Olsson menggantikan Lustig di belakang, Svensson mengambil tempat Toivonen di tengah, dan Elmander mengawali pertandingan bersama Ibra di depan.

Dari segi kualitas tim, Inggris mungkin di atas Swedia. Akan tetapi, Three Lionstetap waspada, karena sejarah membuktikan bahwa mereka tidak pernah menang atas lawannya ini di turnamen resmi.

Laga ini sendiri dimundurkan 15 menit oleh UEFA untuk menyesuaikan dengan tertundanya partai Prancis-Ukraina akibat cuaca buruk.

23 Menit laga berjalan, Carroll membayar kepercayaan Hodgson dan membuktikan bahwa dia layak memakai nomor 9 Inggris dengan gol yang dicetaknya lewat sebuah sundulan tajam memanfaatkan crossing brilian kapten Steven Gerrard dari sayap kanan. Skor pun berubah menjadi 1-0, dan Inggris berada di depan untuk sementara.

Dalam laga ini, Ibra sepertinya diinstruksikan untuk bermain agak mundur guna menjemput bola dan lebih berperan dalam menyusun serangan. Hingga menjelang jeda, Swedia kesulitan masuk ke kotak penalti Inggris dan berulang kali melakukan tendangan jarak jauh untuk membobol gawang Hart. Tapi, dari sekian percobaan, belum ada yang membuahkan hasil. Skor 1-0 untuk Inggris pun mengiringi langkah para pemain menuju ruang ganti.

Inggris tahu bahwa mereka tidak boleh lengah jika ingin meraup tiga angka, karena statistik menunjukkan bahwa 17 dari 20 gol Swedia sepanjang perhelatan Piala Eropa tercipta pada babak kedua.

Benar saja. Baru empat menit babak kedua berjalan, Swedia menyamakan kedudukan ketika tendangan Mellberg yang ditepis Hart membentur badan Glen Johnson dan masuk ke gawangnya sendiri.

Sepuluh menit berselang, dengan dukungan para suporternya yang jumlahnya jauh melebihi fans Inggris, Swedia bahkan berbalik unggul lewat sundulan Olof Mellberg yang meneruskan tendangan bebas Sebastian Larsson.

Inggris pun memasukkan Theo Walcott menggantikan James Milner untuk meningkatkan daya dobraknya. Tiga menit di lapangan, Walcott sukses menyamakan kedudukan. Memanfaatkan bola liar hasil tendangan sudut, hempasan kerasnya dari luar kotak penalti melesat melewati kerumunan pemain dan menghunjam telak gawang Swedia.

Menit 78, Inggris berbalik unggul lewat gol back-heel Welbeck. Walcott, yang sebelumnya mencetak gol penyama kedudukan, kali ini berperan sebagai pemberi assist.

Skor 3-2 untuk Inggris bertahan hingga peluit panjang. Ini adalah kemenangan pertama Three Lions atas Swedia di turnamen resmi.

Hasil ini membuat Inggris bertengger di posisi dua dengan empat poin, sama dengan Prancis di posisi pertama. Sementara itu, Swedia menjadi tim kedua setelah Irlandia yang dipastikan tersingkir dari Euro 2012.

Statistik Swedia - Inggris
Penguasaan bola: 50% - 50%
Shot (on goal): 15 (7) - 16 (6)
Corner: 3 - 3
Pelanggaran: 14 - 10
Offside: 0 - 0
Kartu kuning: 3 - 1
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 3 - 6

Susunan pemain Swedia: Isaksson, Mellberg, Granqvist (Lustig 66'), M. Olsson, J. Olsson, Elm (Wilhelmsson 81'), Larsson, Svensson, Kallstrom, Ibrahimovic (c), Elmander (Rosenberg 79').
Cadangan: Wiland, Hansson, Lustig, Antonsson, Safari, Wernbloom, Holmen, Bajrami, Wilhelmsson, Hysen, Toivonen, Rosenberg.

Susunan pemain Inggris: Hart, Johnson, Cole, Terry, Lescott, Gerrard (c), Young, Milner (Walcott 61'), Parker, Carroll, Welbeck (Chamberlain 89').
Cadangan: Green, Butland, Kelly, Baines, Jones, Jagielka, Walcott, Henderson, Downing, Chamberlain, Defoe.

Pencetak gol:
0-1 (23') Carroll
1-1 (49') Johnson (o.g.)
2-1 (59') Mellberg
2-2 (64') Walcott
2-3 (78') Wellbeck

Kartu kuning: Milner (58'), Mellberg (59'), J Olsson (72'), Svensson (90').

Inggris hanya butuh hasil imbang saat melawan Ukraina pada matchday terakhir di Donbass Arena, Donetsk, Selasa (19/6), untuk lolos ke perempat final.
Keywords : hasil pertandingan inggris swedia, inggris menang, berita euro, swedia versus inggris

Tweets
Comments
 
 
 

Dapatkan update terbaru kami, klik suka / like dibawah

Followers