Selamat Datang di InginTauSaja ~ Tempat Untuk Mencari Tau

5 Jenis Phobia yang “Tidak Wajar”

InginTauSaja | Takut adalah salah satu sifat manusia yang menarik dan paling berpengaruh. Rasa takut merupakan motivator internal paling kuat, bahkan diri kita sendiri pun mencoba untuk mengendalikan perasaan itu secara konstan.
Rasa takut itu terbagi menjadi beberapa macam, dan terkadang seseorang memiliki rasa takut  berlebihan dan irasional. Ini dikenal dengan istilah phobia. Phobia berasal dari Bahasa Yunani ‘Phobos’ yang berarti takut. Ada beberapa jenis phobia yang umum seperti claustrophobia (rasa takut akan ruangan sempit), namun ada juga phobia yang lebih aneh lagi. Kebanyakan phobia tercipta karena adanya trauma dalam hidup seseorang, biasanya pada masa kecilnya. Kemudian trauma ini berkembang menjadi rasa takut yang sulit dikendalikan.
Sebelum kita membahas phobia yang aneh, sebelumnya terdapat juga jenis phobia palsu yang tidak ada dalam kehidupan nyata. Phobia palsu ini dibuat hanya untuk hiburan saja dan bukan merupakan bagian dari rasa takut. Berikut adalah beberapa di antaranya.
Luposlipaphobia – ketakutan dikejar serigala saat sedang mengenakan kaos kaki.
Venustraphobia – takut dengan wanita cantik.
Hippopotomonstrosesquipedaliophobia – takut dengan kata-kata yang panjang.
Setelah ketiga phobia itu disingkirkan, kini kita lihat 5 jenis phobia yang aneh.
1. Doraphobia (Takut dengan Rambut/Bulu Hewan)
Orang-orang yang menderita phobia ini memiliki kesulitan untuk berada di dekat hewan yang berbulu seperti anjing atau kucing. Mereka menganggap bulu hewan tersebut menjijikkan. Masih belum diketahui penyebab bulu hewan itu bisa mengganggu penderita phobia ini, namun kemungkinan penyebabnya adalah bulu ini bisa rontok dan kemudian beterbangan kemana-mana, atau mungkin saja penderita phobia ini memiliki alergi bulu dan menganggapnya sebagai rasa takut yang berlebihan.

2. Pediophobia (Takut dengan Boneka)
Phobia ini sebenarnya masih bisa dimaklumi. Pediophobia merupakan rasa takut akan boneka atau figure sejenis yang menggambarkan wujud manusia, seperti manekin atau robot berwujud manusia. Benda mati yang menyerupai manusia, terutama tekstur wajah, bisa terlihat mengerikan bahkan oleh yang bukan penderita phobia ini. Bisa dibilang ini merupakan contoh dari tempat yang diberi istilah uncanny valley, yaitu tempat dimana suatu buatan bisa menyerupai bentuk aslinya.

3. Barophobia (Takut dengan Gravitasi)
Tampaknya terdengar aneh memiliki rasa takut dengan hal yang menopang dunia ini. Namun gravitasi bisa saja menjadi berbahaya dalam situasi tertentu. Seseorang mungkin pernah mengalami terjatuh dari ketinggian atau melihat bangunan yang rubuh. Dari situlah penderita phobia ini menganggap gravitasi sebagai kekuatan jahat yang bisa menghancurkan dunia.

4. Verbophobia (Takut dengan Kata-kata)
Bahasa verbal merupakan dasar pembentuk masyarakat dan komunitas. jadi phobia ini bisa menjadi mengganggu penderitanya karena kehidupan kita tidak bisa lepas dari bahasa verbal. Penderita phobia ini kemungkinan memiliki rasa takut dengan tulisan atau ucapan, kata yang pendek atau panjang dalam bahasa apapun, tergantung si penderita itu sendiri. Bisa juga yang ditakuti merupakan kalimat atau frase tertentu.

5. Spectrophobia (Takut dengan Cermin atau Refleksi)
Rasa takut yang intens terhadap cermin merupakan hal yang luar biasa. Para penderitanya memiliki alasan masing-masing mengenai phobia ini. Ada yang berpendapat kalau cermin adalah pintu masuk menuju dimensi lain. Sementara yang lain memiliki alasan yang lebih kompleks, kemungkinan diakibatkan oleh yang menyangkut imej diri mereka sendiri atau penampilan fisik mereka.

Keywords : contoh contoh phobia, phobia yang ada di dunia, penyebab phobia, cara mengatasi phobia, macam macam phobia, pengertian phobia, arti phobia

Tweets
Comments
 
 
 

Dapatkan update terbaru kami, klik suka / like dibawah

Followers