Selamat Datang di InginTauSaja ~ Tempat Untuk Mencari Tau

7 Mitos Tidak Benar Seputar Kesehatan Anda

InginTauSaja | Di dalam kehidupan sehari-sehari, ada banyak fakta-fakta medis yang bisa kita temukan dimana saja. Namun ada beberapa dari fakta tersebut tidak benar. Berikut adalah 7 mitos seputar medis dan faktanya.

1. Wortel bisa menambah daya penglihatan
Wortel. (urbantitan.com)
Mitos: Wortel mengandung vitamin A, yang baik untuk mata.
Fakta: Wortel memang mengandung vitamin A, namun tidak ada hubungannya dengan kesehatan mata. Mitos ini awalnya berasal dari pemerintah Inggris pada era Perang Dunia II, yang menyatakan bahwa wortel yang dimakan pilot-pilot milik pemerintah Inggris merupakan alasan mengapa mereka memiliki akurasi tinggi dalam melakukan pemboman. Padahal sebenarnya adalah pemerintah Inggris ingin menyembunyikan penemuan radar pada negara Jerman.

2.  Minum air 8 gelas per hari
Air minum
Mitos: Jumlah air yang harus diminum setiap hari agar sehat adalah 2,5 liter, atau sekitar 8 gelas.
Fakta: Statistik di atas benar adanya, hanya saja kita bisa mendapat 2,5 liter jumlah air hanya dari makanan yang kita makan. Kita tidak perlu meminum air sebanyak 8 gelas tiap hari karena kita bisa mendapat kadar air dari berbagai macam sumber selain air minum.

3. Makan bayam membuat Anda kuat
Popeye
Mitos: Memakan bayam bisa membuat Anda kuat, seperti halnya Popeye.
Fakta: Sebenarnya mitos di atas berasal dari kesalahan tulis mengenai kandungan zat besi dalam bayam. Dikatakan dalam berbagai tulisan, kandungan zat besi bayam mencapai 34 mg. Padahal yang benar adalah 3,4 mg.

4. Penerangan yang kurang tidak baik bagi mata Anda
Mata
Mitos: Membaca dalam ruang yang kurang cahaya bisa membuat mata lelah, bahkan bisa menimbulkan cacat permanen.
Fakta: Pada kenyatannya, ruang yang kurang cahaya hanya membuat mata sulit untuk fokus sehingga mata menjadi kering. Ini bisa disembuhkan dengan obat tetes mata.

5. 10% dari otak kita
Ukuran otak yang kecil
Mitos: Menurut beberapa sumber yang tidak diketahui, kita hanya menggunakan 10% dari potensi otak kita.
Fakta: Tidak ada bagian otak yang tidak bekerja. Semua bagian otak bekerja dengan aktif, bahkan pada saat tidur.

6. Segar lebih baik daripada beku
Buah-buahan dan minuman segar
Mitos: Makanan organik segar lebih sehat daripada makanan buatan. Hal ini dikarenakan makanan buatan telah menggunakan bahan tambahan yang meragukan.
Fakta: Makanan yang dibekukan lebih baik daripada makanan segar. Buah-buahan atau sayuran yang dibekukan memiliki kadar nutrisi maksimum. Sementara buah-buahan atau sayuran segar tanpa pembekuan perlahan-lahan akan kehilangan nutrisi kesehatannya.

7. Jangan berenang setelah makan
Berenang
Mitos: Kita harus menunggu beberapa jam setelah makan untuk berenang. Karena melakukan aktivitas berat setelah makan merupakan hal yang tidak baik.
Fakta: Yang tidak baik hanyalah olahraga berat yang bisa menimbulkan kram, sedangkan olahraga ringan justru bisa membantu pencernaan. Dan berenang santai setelah makan merupakan ide yang baik.

Keywords : mitos seputar kesehatan tubuh, fakta seputar kesehatan tubuh, mitos dan fakta seputar kesehatan tubuh

Tweets
Comments
 
 
 

Dapatkan update terbaru kami, klik suka / like dibawah

Followers